Notification

×

Iklan

Iklan

4 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Maret 27, 2024 Last Updated 2024-03-27T07:26:22Z


Sirsak memiliki daging buah yang lembut dan manis. Selain itu, sirsak memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan.


Sirsak sangat padat nutrisi dan menyediakan serat serta vitamin C dalam jumlah yang baik. Selain itu, sirsak juga mengandung kalori yang sangat sedikit.


Nutrisi dalam buah sirsak


Sirsak mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Melansir WebMD, secara umum, berikut adalah kandungan nutrisi dalam sirsak:


Vitamin B1

Vitamin B2

Vitamin B3

Vitamin C

Folat

Kalsium

Zat besi

Kalium

Magnesium

Fosfor

Seng

Tembaga


Kandungan nutrisi per porsi


Satu buah sirsak utuh menyediakan:


Kalori: 413

Protein : 6 gram

Lemak: 2 gram

Karbohidrat : 105 gram

Serat : 21 gram

Gula : 85 gram

Manfaat sirsak untuk kesehatan


Melansir Healthline, berikut adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan:


1. Tinggi antioksidan


Banyak manfaat sirsak yang diperoleh dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan zat berbahaya yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel.


Beberapa penelitian menunjukkan, antioksidan dapat berperan dalam mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.


Satu studi tabung melihat sifat antioksidan dalam sirsak dan menemukan bahwa antioksidan tersebut mampu secara efektif melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.


Selain itu, sirsak juga mengandung beberapa senyawa tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan, antara lain luteolin, quercetin, dan tangeretin.


Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan seberapa bermanfaat antioksidan yang ditemukan dalam sirsak bagi manusia.


2. Membantu melawan bakteri


Selain sifat antioksidannya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirsak juga mengandung sifat antibakteri yang kuat.


Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak sirsak dengan berbagai konsentrasi digunakan pada berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit mulut.


Hasilnya, sirsak mampu secara efektif membunuh beberapa jenis bakteri, termasuk strain yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi, dan infeksi jamur.


Studi tabung reaksi lain menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat melawan bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi kolera dan Staphylococcus.


Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, penting untuk diingat bahwa penelitian tersebut adalah studi tabung reaksi yang menggunakan ekstrak yang sangat pekat.


Jadi, penelitian lebih lanjut masuk h diperlukan untuk mengevaluasi potensi efek antibakteri dalam sirsak bagi manusia.


3. Mengurangi peradangan


Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa sirsak dan komponennya mungkin dapat membantu melawan peradangan.


Dalam sebuah penelitian, tikus diobati dengan ekstrak sirsak, yang diketahui dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan peradangan.


Penelitian saat ini terbatas pada penelitian terhadap hewan sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi sifat anti-inflamasi dalam buah sirsak.


4. Membantu mengontrol kadar gula darah


Sirsak telah terbukti mampu membantu mengatur kadar gula darah dalam beberapa penelitian pada hewan.


Dalam sebuah penelitian, tikus dengan diabetes disuntik dengan ekstrak sirsak selama dua minggu. Hasilnya, tikus tersebut memiliki kadar gula darah lima kali lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak diobati.


Namun, penelitian pada hewan ini menggunakan jumlah ekstrak sirsak yang terkonsentrasi, yang melebihi dari yang kita dapatkan melalui konsumsi buah sirsak.