Notification

×

Iklan

Iklan

Jenis Buah Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes,Apa Saja?

April 24, 2024 Last Updated 2024-04-24T08:05:06Z


Tentunya penderita diabetes perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.


Penderita diabetes tak boleh asal pilih makanan saja karena ditakutkan bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak.


Tentunya pendeirta diabetes perlu selektif dalam memilih makanan maupun minuman, termasuk juga buah-buahan.


Pentingnya penderita diabetes memperjhatikan asupan yang dikonsumsi, terlebih makanan yang mengandung karbohidrat.


Dikarenakan karbohidrat pada makanan yang dikonsumsi akan diubah tubuh menjadi gula. Jika asupan karbohidrat pada tubuh berlebihan bisa meningkatkan gula darah.


Melansir rsupermatahati.com, untuk mencukupi kubutuhan energi tanpa membuat gula darah mengalami peningkatan, maka buah-biahan menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.


Meskipun buah memiliki rasa yang manis, namun penderita diabetes tetap dianjurkan konsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.


Berikut jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes:


1. Apel


Apel mengandung vitamin A, vitamin C. kalsium, zat besi dan serat yang tinggi.


Buah apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya apel bisa mencegah lonjakan kadar gula darah.


Saat konsumsi apel, disarankan makan dengan kulitnya karena pada bagian tersebut mengandung antioksidan dan banyak gizi.


2. Anggur


Semua jenis anggur mengandung antioksidan polifenol yang membantu melawan radikal bebas. Buah anggur juga mengandung serat dan rendah kalori. Buah anggur menjadi salah satu buah yang baik bagi penderita diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.


3. Kiwi


Kiwi mengandung vitamin C, serat dan tinggi kalium. Selain itu kiwi juga mengandung tinggi antioksidan, vitamin dan serat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.


4. Jeruk


Jeruk merupakan buah bagi penderita diabetes. Tak hanya mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung air, tiamin, kalim dan asam folat.


Kalium merupakan salah satu nutrisi yang baik dalam mengontrol tekanan darah. Kandungan tiamin pada jeruk ini juga dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan membantu mencegah resistensi insulin.


5. Buah Beri


Buah yang termasuk dalam golongan buah beri seperti stroberi, blueberry adalah jenis buah yang baik bagi penderita diabetes. Buah beri ini mengandung vitamin, antioksidan dan serat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.


6. Pir


Ternyata buah pir juga bagus untuk penderita diabetes. Buah pir mengandung serat yang menyehatkan sistem pencernaan dan juga menganding beragam nutrisi seperti air, vitamin K dan antioksidan yang tinggi.


7. Jambu Biji


Jambu biji mengandung banyak serat dan antioksidan yang membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, dipercaya bahwa jambu biji baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.


Buah ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.