Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Sehat, 7 Jenis Beras Aman Bagi Tubuh

April 13, 2024 Last Updated 2024-04-13T09:16:05Z


Beras menjadi bahan pokok di beberapa negara Asia tidak terkecuali di Indonesia, banyak sekali jenis beras yang diperjual belikan untuk itu wajib mengetahui beras apa saja yang aman bagi kesehatan.


Asupan makanan yang masuk dalam tubuh khususnya karbohidrat sangat penting untuk diperhatikan apabila mengonsumsi karbohidrat yang tidak sehat maka tubuh akan sulit mendapat energi yang maksimal sehingga dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan.


Dilansir dari health.com, Rabu (3/4/2024), beras yang baik untuk kesehatan yakni mengandung banyak nutrisi seperti nutrisi seperti serat, protein, dan antioksidan.


Simak 7 beras berikut ini yang aman bagi kesehatan:


1. Beras coklat


Beras coklat cukup banyak dikonsumsi di Indonesia, banyak sekali orang yang sedang diet mengonsumsi beras coklat karena kandungan gulanya yang lebih sedikit dibanding nasi putih.


Beras coklat menjadi salah satu beras yang aman untuk kesehatan karena mengandung antioksidan, vitamin B, lemak sehat, mineral dan sejumlah protein.


Memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh salah satunya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mengontrol berat badan hingga mengurangi risiko penyakit jantung.


Satu cangkir nasi coklat bulir panjang yang dimasak menyediakan 248 kalori, 5,54 gram protein, 51,7 gram karbohidrat, dan 3,23 gram serat.


2. Beras hitam


Berasal dari Jepang beras hitam mendapatkan warna hitam keunguannya yakni melalui kandungan antosianin yang melimpah didalamnya. Antosianin merupakan sejenis antioksidan yang terdapat dalam makanan berwarna cerah seperti bluberi dan kubis merah.


Antioksidan yang dimiliki beras hitam mempunyai peran penting dalam melindungi tubuh dari segala penyakit kardiovaskular dan kanker. Penelitian menunjukkan mengonsumsi beras hitam lebih sehat daripada beras coklat dan beras merah.


Dua pertiga cangkir porsi nasi hitam bulir panjang kering menyediakan 170 kalori, 4 gram protein, 39 gram karbohidrat, dan 2 gram serat.


3. Beras merah


Beras merah cukup populer di Indonesia, banyak orang yang mengonsumsi untuk menghindari asupan gula yang berlebihan pada karbohidrat.


Beras merah yang biasanya tumbuh di Thailand, Bhutan, California dan wilayah Camargue di Perancis Selatan ini memiliki aroma yang harum dengan kaya akan kandungan antioksidan dan antosianinnya yang cukup sehat untuk tubuh.


Adapun kandungan lain yang dimiliki beras merah yakni terdapat zat besi dan seng yang sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan pembentukan hemoglobin dengan membawa oksigen dalam darah.


Satu porsi nasi merah seberat 45 gram (1,6 ons) mengandung 160 kalori, 4 gram protein, 37 gram protein, dan 1,98 gram serat.


4. Beras ungu


Beras ungu memang tidak terlalu populer dibanding jenis beras lainnya, tetapi akhir-akhir ini beras ungu semakin mendapat perhatian baik dari peneliti maupun konsumen karena antosianinnya yang dimilikinya.


Beras ungu menjadi salah satu jenis beras yang aman untuk dikonsumsi. Meskipun masih sedikit penelitian tentang beras ini, tetapi ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi roti yang terbuat dari nasi ungu dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi nasi putih.


Seperempat cangkir nasi aromatik gandum utuh ungu kering menawarkan 140 kalori, 5,98 gram protein, 30 gram karbohidrat, dan 1,98 gram serat.


5. Padi liar atau wild rice


Beras liar yang berasal dari Great Lakes tumbuh secara alami disebagian besar wilayah Amerika Serikat ini menjadi salah satu jenis beras yang aman untuk kesehatan tubuh.


Mempunyai kandungan yang kaya akan antioksidan sebagaimana telah dibuktikan pada penelitian yang menganalisis 11 sampel beras liar menemukan bahwa aktivitas antioksidan yang dimilikinya dapat melampaui aktivitas antioksidan nasi putih yakni sebanyak tiga puluh kali lipat.


Satu cangkir nasi liar mengandung 166 kalori, 6,54 gram protein, 34,9 gram karbohidrat, dan 2,95 gram serat


6. Beras arborio


Beras arborio dengan bentuk lonjong dan berwarna putih susu berasal dari sebuah kota di Piedmont, Italia ini memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kaya akan kandungan amilosa atau sejenis pati dan protein yang tinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya menjadikan beras arborio mampu menyerap rasa lebih besar.


Seperempat cangkir porsi nasi Arborio kering menyediakan 160 kalori, 3 gram protein, 35 gram karbohidrat, dan 0 gram serat.


7. Beras basmati


Beras basmati cukup populer karena memiliki aroma yang unik dengan rasa yang lembut dan sering digunakan masakan Asia Selatan dan Timur Tengah.


Basmati menjadi salah satu jenis beras yang aman untuk kesehatan karena memiliki kandungan protein, karbohidrat kompleks dan sedikit kandungan gula sehingga cocok bagi para penderita penyakit celiac atau intoleransi gluten.