Notification

×

Iklan

Iklan

6 Manfaat Jalan Kaki setelah Makan Malam, Tak Sekadar Sehat

Maret 22, 2024 Last Updated 2024-03-22T03:58:28Z


Berjalan kaki setelah makan, termasuk makan malam, ternyata dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.


Tidak hanya membuat pencernaan lebih lancar, melakukan olahraga jalan kaki setelah makan malam ternyata juga akan membatu untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.


Namun, berjalan kaki setelah makan malam juga dapat menyebabkan sakit perut jika dilakukan segera tanpa memberikan jeda waktu.


Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat jalan kaki setelah makan malam berikut ini.


Manfaat jalan kaki setelah makan malam


Disarikan dari Healtline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki setelah makan malam yang akan didapatkan.


Mengurangi penumpukan gas dan perut kembung


Olahraga jalan kaki yang dilakukan setelah makan malam dapat membantu kerja saluran pencernaan sehingga makanan dapat bergerak ke usus kecil dengan lebih cepat.


Selain itu, melakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti olahraga jalan kaki, sudah terbukti dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar, yakni penumpukan gas dan perut kembung.


Menyeimbangkan kadar gula darah


Kadar gula darah dapat meningkat setelah makan malam, khususnya jika Anda mengonsumsi jenis makanan yang tinggi karbohidrat.


Dengan berjalan kaki setelah makan malam, Anda dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar gula darah, bahkan ketika jalan kaki dilakukan hanya dalam lima hingga 10 menit.


Mendukung kesehatan mental


Berjalan kaki dapat menurunkan kadar hormon stres, yakni hormon adrenalin dan kortisol, sehingga kesehatan mental akan terjaga.


Meskipun belum banyak penelitian yang dapat membuktikan manfaat ini jika dilakukan setelah makan malam, olahraga jalan kaki yang dilakukan tetap dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan rasa stres.


Membuat tidur lebih nyenyak


Berolahraga secara teratur, seperti berjalan kaki, dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala gangguan tidur, seperti insomnia.


Bahkan, melakukan olahraga jalan kaki setelah makan malam sudah terbukti dapat meningkatkan gelombang otak sehingga lebih nyenyak dan lebih mudah tidur.


Menurunkan tekanan darah


Berjalan kaki tiga kali sehari selama 10 menit setelah sarapan, makan siang, dan makan malam, sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah jika dibandingkan dengan jalan kaki yang dilakukan dalam durasi yang lebih lama.


Penurunan tekanan daah dapat meringankan kerja jantung sehingga dapat terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius, seperti serangan jantung dan stroke.


Menurunkan berat badan


Berjalan kaki secara teratur, khususnya setelah makan malam, dapat membantu tubuh untuk membakar kalori dengan lebih baik.


Meskipun begitu, Anda tetap diimbau untuk menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi agar dapat menurunkan berat badan secara efektif.


Memahami manfaat jalan kaki setelah makan malam sangatlah penting karena tidak hanya akan melancarkan pencernaan saja.


Bahkan, manfaat yang lebih besar akan didapatkan ketika jalan kaki dilakukan secara rutin dan dibarengi dengan pola hidup yang sehat.


Meskipun begitu, Anda diimbau untuk memberikan jarak selama 10-15 menit setelah makan malam sebelum berjalan kaki agar tidak sakit perut.