Notification

×

Iklan

Iklan

5 Manfaat Mengonsumsi Cuka Sari Apel

April 05, 2024 Last Updated 2024-04-05T03:41:49Z



Cuka sari apel dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Cuka apel, yang biasa dikenal sebagai apple cider vinegar (ACV), merupakan zat asam yang terbuat dari jus apel yang difermentasi.


Dikutip dari WebMD, proses pembuatan cuka apel memiliki dua langkah. Pertama, apel dihancurkan dan ditambahkan ragi untuk mempercepat proses fermentasi, sehingga gula berubah menjadi alkohol setelah beberapa minggu. Kemudian, bakteri alami memecah alkohol menjadi asam asetat, yang membuat cuka memiliki rasa dan bau yang tajam.


Mengonsumsi cuka sari apel dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Cuka apel telah digunakan dalam berbagai budaya selama ribuan tahun sebagai obat alami. Berikut lima manfaat cuka sari apel:


1. Mengatur Gula Darah


Beberapa penelitian menunjukkan cuka sari apel bermanfaat untuk mengatur gula darah. Dikutip dari EatingWell, asam asetat yang ditemukan dalam cuka sari apel dipercaya dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mengurangi laju masuknya gula ke dalam aliran darah dan membantu menjaga kadar gula darah lebih konsisten. Hal ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa secara efektif sebagai energi.


2. Menurunkan Berat Badan


Cuka sari apel sering disebut-sebut sebagai obat alami untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari Insider, cuka sari apel mengandung asam asetat, senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan dengan menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan dan membakar lemak. Selain itu, mengonsumsi cuka sari apel dapat memperlambat laju pengosongan makanan dari perut, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.


3. Menjaga Kesehatan Jantung


Cuka apel mengandung asam asetat dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta meminimalkan risiko terjadinya hipertensi. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas serta keamanan konsumsi cuka apel untuk memelihara kesehatan jantung.


4. Meredakan Sakit Tenggorokan


Cuka sari apel efektif menghilangkan iritasi tenggorokan. Campurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan air hangat dalam jumlah yang sama dan berkumur beberapa kali sehari atau minum secangkir air panas dengan cuka sari apel dan madu. Lakukan secara rutin, maka ini akan meredakan sakit tenggorokan.


5. Sifat antibakteri


Dikutip dari Medical News Today, cuka sari apel juga mungkin memiliki sifat antibakteri. Satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa cuka sari apel efektif membunuh Escherichia coli dan Staphylococcus aureus, yang merupakan bakteri yang menyebabkan infeksi Staph.


Penelitian lainnya menemukan bahwa cuka sari apel sama efektifnya dengan lima persen natrium hipoklorit dalam membunuh Enterococcus faecalis. Bakteri ini muncul secara alami di usus dan usus manusia sehat namun dapat menyebabkan infeksi serius.