Notification

×

Iklan

Iklan

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Jambu Biji

April 19, 2024 Last Updated 2024-04-19T08:31:13Z


Jambu biji termasuk buah tropis yang populer dan mendunia. Buah yang kaya akan antioksidan, potasium, vitamin C, folat, tembaga dan serat ini banyak dijadikan jus kemasan, suplemen, dan ekstrak teh herbal.


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat rutin mengonsumsi jambu biji bagi kesehatan.


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Dikutip dari Dr. Axe, jambu biji kaya vitamin C yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel. Vitamin C juga berperan mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit jantung, artritis, dan kanker.


2. Mengatur Tekanan Darah


Berkat tinggi kadar potasium, jambu biji membantu menurunkan tekanan darah dan lipid darah secara alami, serta memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan jantung. Hal ini bermanfaat mencegah penyakit ginjal, stroke, dan keropos tulang.


3. Kaya akan Antioksidan


Studi yang dilakukan Institut Gizi Nasional Hyderabad di India pada 2011 menemukan bahwa kandungan antioksidan jambu biji lebih unggul dibandingkan apel, pisang, anggur, dan beberapa buah lainnya.


Antioksidan adalah senyawa kuat yang menetralkan radikal bebas untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis. Beberapa penelitian menunjukkan, mencukupi asupan antioksidan mampu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.


4. Melindungi Hati


Dikutip dari Stylecraze, serat dalam jambu biji membantu menurunkan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Ditemukan pula senyawa polisakarida (sejenis karbohidrat) yang bertindak sebagai antioksidan yang melawan stres oksidatif.


5. Meredakan Nyeri Menstruasi


Penelitian terhadap 197 wanita dengan dismenore (nyeri haid) menemukan, mengonsumsi 6 miligram obat ekstrak jambu biji selama periode haid membantu meredakan kram dan nyeri rahim.


6. Meningkatkan Kesehatan Kulit


Senyawa antioksidan pada jambu biji membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sementara vitamin A dan C dalam jambu biji berperan meningkatkan kekencangan kulit dan mencegah penuaan dini.