Notification

×

Iklan

Iklan

Kota Bogor Dikepung Bencana, Banjir hingga Longsor Timpa Warga

Maret 26, 2024 Last Updated 2024-03-26T10:19:08Z

Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah, membuat Kota Bogor dikepung bencana, pada Minggu (24/3/2024).


Kota Bogor dikepung bencana, mulai dari banjir lintasan, pohon tumbang, serta tanah longsor.


Kota Bogor dikepung bencana kali ini menimbulkan korban.


Ada beberapa warga yang sempat tertimbun longsor hingga terjebak banjir.


Informasi yang dihimpun sementara, pohon tumbang terjadi di beberapa titik seperti Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Bogor Tengah; Kompleks Dormitori Jalan Tentara Pelajar; hingga di TPU Blender Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal.


Sedangkan untuk banjir lintasan sendiri saat ini ada lima titik. Mulai dari Pacilong; Jalan Soleh Iskandar, Jalan Cimanggis Pabuaran Kelurahan Mekarwangi atau Jalur dekat Polsek Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal; Baranangsiang Bogor Timur ; Bantar Jati Bogor Utara, hingga di Kelurahan Tegalega Bogor Tengah.


“Banjir memendam beberapa rumah di Pacilong karena pohon tumbang di TPU Blender itu menutup aliran saluran air. Jadi air meluap akibat saluran air tertutup pohon tumbang itu,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Hidayatullah.


Hidayatullah menjelaskan, ada empat warga di Kelurahan Kedung Waringin RW 04 yang sempat terjebak banjir namun saat ini seluruh warga telah dievakuasi.


“Awalnya 2 warga yang baru bisa dievakuasi, tapi saat ini sudah aman karena ke 4 warga sudah dievakuasi semuanya,” ucap dia.


Di sisi lain, hujan deras menyebabkan longsor di RT 01/09 Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara. Imbas dari longsor ini, warga bernama Sigit sempat tertimbun.


“Sudah ketemu tertimpa lemari tapi sekarang sudah dievakuasi,” katanya.


Kemudian, tanag longsor juga terjadi di Kawasan Kayu Manis Tanah Sareal, Pasir Kuda, serta di kawasan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat.


Anggota BPBD saat ini masih tersebar karena banyaknya titik bencana, sedangkan untuk pohon tumbang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman sudah dilakukan proses evakuasi.


“Posisinya berada di pinggir jalan raya,” ujarnya.


Saat ini, anggota di lapangan masih melakukan pendataan berapa jumlah titik Kota Bogor dikepung bencana, yang terjadi pada 24 Maret 2024.


“Kota Bogor dikepung bencana kali ini, ada di beberapa titik yang sudah dilakukan penanganan,” tandasnya.(sb)