Notification

×

Iklan

Iklan

Luhut Terkejut Rumah Dinas Menteri di IKN Lebih Kecil Dibanding Widya Chandra

Maret 14, 2024 Last Updated 2024-03-14T07:00:44Z

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkejut saat mengetahui luasan rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN). 


Luhut menyebut bahwa ukuran rumah dinas tersebut kecil dan seharusnya bisa lebih besar. "Pak Luhut bilang, 'lho ini kok kecil? Mestinya bisa dibesarkan. Tetapi dengan konsep 'compact city' disesuaikan dengan desain pemenang sayembara'," ucap Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3/2024). 


Basuki menambahkan, rumah dinas menteri yang ada di IKN tidak lebih luas dari rumah di Kompleks Kementerian Widya Chandra, Jakarta Selatan.  "Engga (mewah), itu lebih kecil dari pada Wican (Kompleks Menteri Widya Chandra)," tuturnya. Sementara dari sisi fasilitas, Basuki juga menyampaikan tidak ada fasilitas rumah tapak Jabatan Menteri yang dibuat lebih mewah, sebab dibangun menggunakan uang negara.  


"Engga (tidak mewah). (Fasilitasnya) ya biasa kamar tidur, dapur, ruang tamu, ruang rapat. Sama semua itu tipe bangunannya. Dan itu lebih kecil daripada Wican," ucapnya. Dia menyebut, pembangunan konstruksi rumah dilaksanakan secara paralel dengan penataan landscape. 


Penghijauan dan penataan pedestrian bagi pejalan kaki di sekitar lokasi pembangunan juga dilakukan supaya kondisi lingkungan tetap terjaga dan nyaman untuk dihuni. 


Untuk diketahui, sebanyak 24 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri Persil 104 IKN dibangun di atas lahan seluas 10,6 Ha. Sementara, Rumah Tapak Jabatan Menteri Persil 105 sebanyak 12 unit dibangun di atas lahan seluas 9,1 Ha. 


Seluruhnya dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas (PSU), meubelair, serta fasum fasos.  Adapun luas lahan per unit rumah dinas menteri di IKN sekitar 1.000 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 580 meter persegi lengkap dengan meubelairnya. 


Sementara, luas rumah dinas menteri di kawasan Widya Chandra rata-rata sekitar 500 meter persegi dengan dua lantai. Total luas kawasan rumah dinas menteri tersebut mencapai 55.155 meter persegi.[sb]