Notification

×

Iklan

Iklan

10 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih

April 19, 2024 Last Updated 2024-04-19T13:47:43Z


Selain dikenal sebagai bumbu dapur yang menambah kekhasan suatu masakan, bawang putih ternyata mengandung banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.


Pada banyak jenis masakan, kurang rasanya jika tidak ditambahkan sedikit bawang putih, bahkan sebagian besar orang suka memasak dengan jumlah bawang putih yang banyak.


Dikutip Spice World (18/10/2023), manfaat bawang putih untuk kesehatan telah digunakan oleh peradaban Cina, Mesir, dan Romawi. Sebelum rempah ini digunakan untuk membumbui hidangan, rempah ini telah digunakan ribuan tahun lalu sebagai pengobatan medis dalam budaya kuno.


Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat dan khasiat bawang putih yang wajib diketahui:


1. Mencegah Batuk dan Pilek


Bawang putih mentah berpotensi menangkal infeksi batuk dan pilek. Mengonsumsi dua siung bawang putih yang dihaluskan saat perut kosong memiliki manfaat yang maksimal.


Untuk anak-anak dan bayi, menggantungkan siung bawang putih pada benang di lehernya diharapkan dapat meredakan gejala hidung tersumbaat.


2. Baik Untuk Kesehatan Jantung


Allicin, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih menghentikan oksidasi LDL atau kolesterol jahat. Hal ini mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.


Konsumsi bawang putih secara teratur mengurangi kejadian penggumpalan darah dan dengan demikian membantu mencegah tromboemboli. Bawang putih juga menurunkan tekanan darah sehingga baik bagi penderita hipertensi.


3. Meningkatkan Fungsi Otak


Bawang putih meningkatkan kesehatan otak karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Hal ini efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.


4. Meningkatkan Pencernaan


Masalah pencernaan membaik dengan memasukkan bawang putih mentah ke dalam makanan. Bawang putih bermanfaat bagi usus dan mengurangi peradangan.


Makan bawang putih mentah membantu membersihkan cacingan. Hal baiknya adalah menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.


5. Menyeimbangkan Gula Darah


Disarankan orang yang menderita diabetes memantau kadar gula darahnya dengan mengatur konsumsi bawang putih mentah.


6. Meningkatkan Imunitas


Bawang putih melindungi terhadap radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Seng dalam bawang putih meningkatkan kekebalan dan Vitamin C membantu melawan infeksi. Bawang putih sangat bermanfaat melawan infeksi mata dan telinga karena memiliki sifat antimikroba.


7. Meningkatkan Kesehatan Kulit


Bawang putih membantu mencegah jerawat dan mencerahkan bekas jerawat. Luka dingin, psoriasis, ruam dan lecet dapat hilang dengan mengkonsumsi jus bawang putih. Jus bawang putih juga menambah kekebalan tubuh terhadap sinar UV dan mencegah penuaan.


8. Mencegah Kanker dan Tukak Lambung


Antioksidan yang tinggi pada bawang putih l, melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru, prostat, kandung kemih, lambung, hati dan usus besar.


Tindakan antibakteri bawang putih mencegah tukak lambung karena menghilangkan penularan dari usus.


9. Baik untuk Menurunkan Berat Badan


Bawang putih mengurangi ekspresi gen yang bertanggung jawab dalam pembentukan sel adiposa yang menyimpan lemak.


Hal ini juga meningkatkan termogenesis dalam tubuh dan menyebabkan pembakaran lebih banyak lemak dan menurunkan LDL (kolesterol jahat). Selain baik untuk menurunkan berat badan, bawang putih juga kaya nutrisi.


Faktanya, satu siung bawang putih mentah yang beratnya sekitar 3 gram mengandung:


• mangan


• Vitamin B6


• Vitamin C


• Selenium


• Serat


• Jumlah kalsium, tembaga, kalium, zat besi, dll.


10. Dapat Meningkatkan Performa Atletik


Bawang putih dianggap sebagai salah satu zat peningkat kinerja”terbaik. Dahulu kala, barang tersebut digunakan untuk mengobati kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja para pekerja.


Studi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih membantu meningkatkan kinerja olahraga. Orang yang menderita penyakit jantung mengonsumsi bawang putih selama 6 minggu dan hal ini mengakibatkan penurunan detak jantung sebesar 12% dan kapasitas olahraga yang lebih baik.