Notification

×

Iklan

Iklan

Aneka Manfaat Lemon Selain Terkait Makanan

April 19, 2024 Last Updated 2024-04-19T14:03:49Z


Selama ini lemon banyak digunakan untuk diambil airnya untuk membuat minuman atau menambah rasa pada makanan. Padahal, banyak kegunaan lainnya yang perlu diketahui dan tak berhubungan dengan makanan.


Banyak kegunaan lemon dan dengan berbagai cara, termasuk membersihkan perabotan. Berikut beberapa kegunaan lemon selain untuk makanan, dilansir dari Fox News Digital.


Bahan pembersih


Lemon disebut sebagai pembersih rumah yang ramah lingkungan dan membuat peralatan dapur sampau kamar mandi bersih mengkilap berkat kandungan asam alaminya. Asam sitrat dikenal dengan kandungan antibakteri yang mampu mengusir noda, lemak, dan bau tak sedap.


Pengharum ruangan


Jika ada bau tak sedap di rumah, lemon dapat menyamarkan bau itu sampai ditemukan sumbernya. "Caranya, campurkan irisan enam buah lemon dan segenggam cengkeh dalam sepanci air. Campuran ini akan memberi aroma segar di ruangan," tulis laman Martha Stewart.


Pengusir hewan di kebun


Bau lemon juga tak disuka hewan-hewan pengganggu kebun. Buat semprotan dari campuran air lemon dan air untuk mengusir semut.


Perawatan kecantikan


"Asam sitrat bertindak sebagai eksfoliator lembut, memperbaiki sel-sel kulit. Buat masker wajah dengan air lemon dan madu untuk mencerahkan wajah, mengurangi bercak, membunuh bakteri, dan mencegah jerawat," jelas healthline.com.


Pembilas rambut


Buat air infus lemon untuk mengembalikan kilau rambut saat mandi. Caranya campur air lemon dengan air dan jadikan pembilas setelah menggunakan sampo.


Antikarat


Lawan karat dengan pasta campuran air lemon dan garam. Keasaman lemon mampu melawan karat pada metal sedangkan garam bertindak sebagai zat abrasif yang tak akan meninggalkan baret pada metal, jelas finewoodworking.com.


Pengkilap perabotan


Campuran lemon juga bisa mengkilapkan perabotan kayu. Campur air lemon dan cuka, masukkan dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke kain untuk menggosok atau langsung semprot ke perabotan.