Notification

×

Iklan

Iklan

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, 838 Warga Diungsikan

April 17, 2024 Last Updated 2024-04-17T08:06:33Z


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengumumkan Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara meletus. Erupsi dilaporkan terjadi pukul 19.19 WITA.


Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku Juliana DJ Rumambi ST  mengatakan tipe letusan gunung yang berada di Pulau Ruang tersebut adalah efusif. Hanya saja menurut Juliana situasi persis letusan belum bisa ditentukan. 


"Belum teramati jelas ke mana arah luncuran lavanya," kata Juliana seperti dikutip Selasa (16/4). 


Juliana berharap kepada warga yang bermukim di Pulau Ruang  mematuhi radius bahaya yang telah direkomendasikan oleh PVMBG. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang juga diharapkan tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi serta tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia.


Sementara itu, sebanyak 838 warga yang bermukim di Pulau Ruang akan dievakuasi ke Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro pascaletusan. Juliana mengatakan, warga yang sudah mulai melakukan evakuasi mandiri sejak sore hari berada dalam Kawasan Rawan Bencana Gunung Api (KRB) Gunung Ruang.


“Kami sudah memberikan imbauan," kata Juliana. “Jadi ada dua desa yang dihuni warga yaitu Desa Pumpente sebanyak 332 jiwa dan Desa Laimpatehi sebanyak 506 jiwa masuk dalam KRB.”


Menurut Juliana evakuasi mandiri tersebut, terutama bagi warga yang lanjut usia, orang-orang sakit serta anak-anak. Adapun penanganan selanjutnya bagi warga Pulau Ruang yang dievakuasi akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, sementara PVMBG mengeluarkan rekomendasi teknis.


Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara erupsi. Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga) terhitung mulai tanggal 16 April 2024 pukul 16.00 WITA.