Notification

×

Iklan

Iklan

Rusak Industri Otomotif Domestik, Pemerintah Diminta Larang Mobil Listrik BYD Cs.

April 16, 2024 Last Updated 2024-04-16T01:50:05Z


Senat Amerika Serikat (AS) meminta Pemerintahan Joe Biden memblokir seluruh produk mobil listrik buatan pabrikan China. Hal itu merupakan tuntutan paling keras dari senat sejauh ini.


Dikutip dari Reuters, Senin (15/4/2024), Ketua Komite Perbankan Senat mendesak Presiden Joe Biden untuk memblokir kendaraan buatan Tiongkok dari pasar otomotif Amerika Serikat. Tidak hanya itu, tuntutan senat juga menyasar seluruh produk mobil listrik buatan anak usaha ataupun perusahaan yang terafiliasi dengan China.


“Saya mohon Anda mengambil tindakan yang berani dan agresif dan melarang secara permanen kendaraan listrik yang diproduksi oleh perusahaan Tiongkok atau anak perusahaan apa pun yang mereka dirikan untuk menyembunyikan asal-usulnya,” tulis Senator Sherrod Brown, seorang anggota Partai Demokrat.


Brown mendesak Biden mengambil langkah cepat. “Kendaraan listrik Tiongkok merupakan ancaman nyata bagi industri otomotif Amerika,” ungkapnya.


Sementara itu, Gedung Putih tidak segera berkomentar pada hari Kamis.


Sebelumnya, Biden memang mengatakan bahwa kebijakan Tiongkok telah mendorong ekspnsi pasar mobil listrik hingga AS. “[Kebijakan China] dapat membanjiri pasar kita dengan kendaraannya, menimbulkan risiko bagi keamanan nasional,” ungkapnya.


Biden berjanji tidak akan membiarkan hal itu terjadi jika saya berada di bawah pengawasan saya. Pernyataan itu merujuk bahwa dirinya bakal berkompetisi dalam Pemilihan Presiden AS dalam waktu dekat.


Bulan lalu, Brown dan Senator Gary Peters dan Debbie Stabenow dari Michigan – semuanya berasal dari negara bagian produsen mobil – meminta Biden untuk secara drastis menaikkan tarif impor kendaraan listrik Tiongkok untuk mengatasi risiko keamanan nasional.


Kekhawatiran juga telah dikemukakan oleh anggota parlemen dan pendukung bahwa produsen mobil Tiongkok dapat merakit kendaraan berbiaya rendah di Meksiko agar mereka dapat memenuhi syarat untuk kredit pajak kendaraan listrik AS.


Pejabat industri otomotif mengatakan kepada Reuters pada bulan Februari bahwa Biden sedang mempertimbangkan menaikkan tarif kendaraan listrik Tiongkok dan surat tersebut merupakan tekanan terbaru terhadap Gedung Putih untuk mengambil langkah lebih lanjut guna mencegah impor kendaraan Tiongkok.


Pada bulan Maret, Departemen Perdagangan membuka penyelidikan mengenai apakah impor kendaraan Tiongkok menimbulkan risiko keamanan nasional dan dapat menerapkan pembatasan karena kekhawatiran bahwa teknologi mobil yang “terhubung” dapat membahayakan data orang Amerika.


“Kami bertindak secepat mungkin untuk mengidentifikasi risiko dan mengambil tindakan apa pun yang kami anggap merupakan masalah keamanan nasional,” kata Menteri Perdagangan Gina Raimondo kepada Reuters bulan lalu.


Dua senator Partai Republik juga telah mengusulkan undang-undang yang berupaya menaikkan tarif kendaraan buatan Tiongkok, meskipun relatif sedikit kendaraan Tiongkok yang diimpor ke Amerika Serikat.


Kedutaan Besar Tiongkok di Washington tidak segera memberikan komentar pada hari Kamis namun sebelumnya menolak seruan untuk menaikkan tarif, dengan mengatakan bahwa ekspor mobil Tiongkok “mencerminkan pembangunan berkualitas tinggi dan inovasi yang kuat dari industri manufaktur Tiongkok.”


Sekelompok anggota parlemen bipartisan pada bulan November mendesak Perwakilan Dagang AS Katherine Tai untuk menaikkan tarif kendaraan Tiongkok.