Notification

×

Iklan

Iklan

Jokowi Tinjau Langsung Banjir Demak pada Pagi Ini

Maret 22, 2024 Last Updated 2024-03-22T03:56:27Z


Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju provinsi Jawa Tengah pada Jumat pagi, 22 Maret 2024. Jokowi akan meninjau banjir yang terjadi di Kabupaten Demak.


Jokowi tiba di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang, pada Jumat pagi. Pesawat Boeing 737-400 TNI AU yang membawa Presiden beserta rombongan mendarat sekitar pukul 08.00 WIB.


Sesaat setelah turun dari pesawat, Jokowi beserta rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Demak untuk meninjau lokasi terdampak banjir Demak.


Keterangan tertulis Biro Pers dan Sekretariat Presiden menyebut, Presiden dalam kunjungan ke Kabupaten Demak didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.


Demak dilanda banjir usai hujan lebat dan tanggul jebol sejak Rabu, 13 Maret 2024. Pada Senin, 18 Maret 2024, 89 desa di 11 kecamatan di Demak masih terendam banjir dengan ketinggian 30–80 cm.


Hingga Kamis malam, 22 Maret 2024, wilayah yang masih terdapat genangan air sebanyak enam kecamatan. Mereka terdiri dari Kecamatan Karanganyar yang menjadi lokasi tanggul jebol Sungai Wulan, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Gajah, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Sayung, dan Kecamatan Demak.


Sebelumnya Jokowi mengatakan proses penutupan tanggul Sungai Wulan di Dukuh Norowito, Desa Ngemplik Wetan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, selesai paling lambat pada hari ini, Jumat 22 Maret 2024. Jokowi mengatakan posisi tanggul yang jebol memicu limpahan air dalam debit yang sangat besar. Ini telah memicu banjir di sejumlah wilayah setempat.


"Tadi saya tanya ke Menteri PU (Pekerjaan Umum) yang jebol sudah dikerjain," kata Presiden Jokowi usai menyaksikan pertandingan sepak bola di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis malam.


Ketinggian banjir di wilayah Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, dilaporkan turun hingga 50 sentimeter atau setengah meter pada Kamis, 21 Maret 2024. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menyebutkan ketinggian air di wilayah ini sempat mencapai dua meter.


Hal yang sama juga terjadi di wilayah Demak Kota. Banjir setinggi betis orang dewasa sejak 13 Maret lalu berangsur turun 20 sentimeter pada hari ini. "Dengan menggunakan mobil pompa, tim gabungan melaksanakan penyedotan air ke Sungai Londo, Desa Singorjo, Kecamatan Demak Kota sejak Rabu malam," kata Muhari, melalui keterangan tertulis, Kamis, 21 Maret 2024.